Mengajak Anak Agar #Cintarupiah

anak cinta rupiah

Cinta Rupiah –  Anak-anak adalah generasi emas yang harus dididik dengan cara yang benar supaya tidak tumbuh dalam ajaran, dan mindset yang buruk. Anak-anak adalah masa dimana hal-hal kecil yang dilakukannya dapat menentukan masa depan mereka nantinya. Maka dari itu, sebisa mungkin orang tua harus meluangkan waktu dengan buah hatinya untuk memastikan bahwa si anak tumbuh menjadi generasi penerus yang terdidik dan berpola pikir baik.

Salah satu hal yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini adalah kecintaannya terhadap rupiah. Mengajarkan gerakan cinta rupiah kepada anak bukan berarti mengajarkan mereka untuk menjadi pelit dan tidak mau berbagi. Sebaliknya, gerakan cinta rupiah ini harus ditanamkan supaya anak terdorong untuk mampu memilah-milah kearah mana uang yang mereka miliki akan dibelanjakan.

Memasuki usia sekolah dasar, biasanya anak sudah dipercaya untuk memegang uang saku sendiri. Ada orang tua yang memberikannya dengan sistem harian, ataupun mingguan. Tak ada yang salah dari kedua sistem yang berbeda tersebut. Hanya bagaimana anda mendidik anak anda supaya mereka terdorong untuk dapat menghargai apa yang mereka miliki. Berikut beberapa tips yang dapat anda coba.

Pertama-tama, ajari anak anda untuk membuat daftar keinginan yang mereka miliki. Kemudian, bimbinglah anak anda untuk menentukan skala prioritas dari isi pada daftar yang mereka miliki. Bantu anak anda untuk berpikir, “apakah ini akan bermanfaat nantinya?” “apa yang akan terjadi apabila saya tidak membeli atau memiliki barang ini?” Sehingga mereka dapat mengerti secara jelas skala prioritas yang dimaksud. Buat perkiraan bersama anak anda, dengan jumlah uang saku yang anda berikan kepada sang anak, dikurangi dengan kebutuhannya di sekolah, kira-kira berapa banyak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan anak anda untuk menabung supaya dapat memenuhi keinginan mereka tersebut. Setelah itu, berikanlah sebuah buku kepada anak anda yang berfungsi sebagai pencatat segala pengeluaran dan pemasukkan atas uang yang dimiliki anak anda sehingga anda dapat melakukan evaluasi setiap akhir minggu ataupun akhir bulan.

Jangan lupa untuk memberikan hadiah kecil kepada anak anda apabila ia mampu berhemat sekian rupiah, ataupun mengeluarkan sekian rupiah untuk memenuhi kebutuhannya, ataupun melakukan hal baik berdasarkan inisiatif dirinya sendiri. Dengan begitu, anak anda akan terdorong untuk lebih mencintai dan menghargai apa yang mereka miliki, serta memiliki rasa tanggung jawab kepada barang-barang yang berhasil didapatkannya dari sebagian uang yang ia sisihkan.

 

foto calvaryupc

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *