Yuk, Mengintip Keunggulan Boarding School Yayasan Al Ma’soem!

Pernah merasakan bermalam di sekolah saat pesantren kilat? Mungkin hal ini sudah terjadi belasan bahkan puluhan tahun yang lalu, tapi tentunya memori indah tersebut tidak akan kita lupakan sampai hari ini, bukan? Pastinya masih terbayang keseruan bisa menjalani aktivitas bersama teman-teman sejak matahari belum terbit sampai matahari terbenam kembali! Ada banyak memori indah yang ditabung untuk kita kenang hari ini!

Nah, kini bayangkan jika hal tersebut berlangsung selama beberapa tahun di sebuah boarding school! Wah, pasti akan lebih berkesan, ya! Nah, kali ini, saya akan mengajak Anda untuk menggali informasi tentang apa saja keunggulan yang dimiliki oleh boarding school Yayasan Al Ma’soem! Penasaran?

Dari 3.500 siswa yang dimiliki oleh Yayasan Al Ma’soem, setengah di antaranya mondok atau menginap di asrama. Jangan dulu membayangkan asrama pondok yang terletak di antah berantah, karena asrama boarding school Yayasan Al Ma’soem terletak di pinggir jalan raya nan ramai, tepatnya di Jalan Raya Cipacing nomor 22, Sumedang.

Gedung penginapan dibagi menjadi dua bagian, yaitu gedung khusus putra dan putri. Dengan pemisahan gedung ini, dapat dipastikan bahwa santri putri tidak akan bertemu dengan santri putra Yayasan Al Ma’soem. Pada masing-masing kamar, boarding school Yayasan Al Ma’soem mematok daya tampungnya maksimal 4 orang siswa per kamar. Jadi, bisa dikatakan bahwa gedung penginapannya layak huni dan aman bagi siswa.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas fisik lainnya selain gedung penginapan? Apakah terdapat fasilitas yang lengkap di boarding school Yayasan Al Ma’soem? Jawabannya, tentu saja iya!

Boarding school Yayasan Al Ma’soem memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh para siswa siswi untuk mendukung kegiatan akademis dan nonakademis. Fasilitas yang disediakan antara lain adalah kolam renang (dipisah antara putra dan putri), lapangan basket, lapangan voli, lapangan futsal berstandar internasional, lapangan skateboard, kantin, masjid, musala dan ATM.

Dengan adanya fasilitas olah raga yang sedemikian lengkapnya, pantas saja jika tim olah raga Yayasan Al Ma’soem selalu menorehkan prestasi di setiap tahunnya. Sebut saja, juara satu yang dipersembahkan oleh Tim Mini Soccer pada kompetisi futsal Nuruzzaman Cup se-Bandung Raya tahun 2018. Kompetisi yang diikuti oleh sekitar 33 tim dari 22 sekolah yang berada di wilayah Bandung dan sekitarnya ini berhasil ditaklukkan oleh tim Yayasan Al Ma’soem beserta dengan penghargaan lainnya, yaitu Top Scorer dan Best Player.

Selain itu, salah satu murid SD Al Ma’soem pun pernah berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan di akademi Barcelona FC dan dilatih oleh pelatih-pelatih sepak bolah di sana! Wah, hebat, ya!

Ciri khas dari boarding school Yayasan Al Ma’soem adalah libur saat bulan Ramadan. Namun, bukan berarti tidak ada aktivitas berfaedah yang difasilitasi oleh yayasan. Setiap bulan Ramadan, Yayasan Al Ma’soem menyelenggarakan program tahfiz untuk para penghafal Alquran. Pada kegiatan ini, peserta akan belajar bagaimana menghafal Alquran dengan baik dan benar. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tahun 2017 yang lalu dan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Bapak Ahmad Heryawan.

Dengan sistem boarding ini, pengelola yayasan yang telah berdiri sejak 1986 ini berharap agar siswa-siswi boarding school Yayasan Al Ma’soem memiliki prestasi dan kualitas yang lebih baik daripada sekolah biasa, karena jadwal belajar yang lebih teratur. Selain itu, jadwal belajar mata pelajaran Agama Islam pun menjadi fokus pada boarding school ini, karena diselenggarakan mulai dari bakda Salat Magrib sampai pukul 20.00 WIB.

Nah, diharapkan dari program-program boarding school ini, para siswa bisa menjadi manusia-manusia berakhlak mulia yang lebih sayang terhadap orang tua, lebih mampu menjaga kebersihan, lebih mandiri dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat di sekitarnya. Info detail klik https://www.almasoem.sch.id/ .

(Visited 92 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *