Yayasan Al Ma’soem: Mendidik Anak Cerdas Dunia Akhirat

Ketika kita dipanggil oleh Allah Swt., semua hal akan terputus kecuali tiga, dan di antaranya adalah doa anak saleh. Namun, menjadikan anak-anak kita saleh bukan perkara yang mudah, terlebih lagi di zaman yang penuh dengan tantangan ini.

Demi mencapai hal tersebut, kita –para orang tua- wajib memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak. Pendidikan terbaik versi saya, dan mungkin Anda, adalah pendidikan yang tidak melulu menyentuh otak, tapi juga hati. Sebuah sistem pendidikan yang tidak hanya mencerdaskan hal-hal duniawi, tapi juga cerdas akhirat.

Kabar baiknya, kita tidak usah pergi jauh ke Mesir untuk mendidik anak-anak kita cerdas dunia akhirat. Kita hanya perlu beranjak sedikit ke bagian timur Kota Bandung, tepatnya ke Jalan Raya Cipacing nomor 22, Sumedang. Di sana, kita akan menemukan sebuah kompleks sekolah yang bernaung di sebuah yayasan bernama Yayasan Al Ma’soem.

Boarding school Yayasan Al Ma’soem yang telah berdiri sejak tahun 1986 ini telah terbukti memiliki kualitas unggul dan lulusan-lulusan terbaik. Tidak percaya? Beberapa teman saya adalah lulusan boarding school Yayasan Al Ma’soem dan mereka menjadi yang terbaik di bidangnya. Saleh pula!

Ternyata, saya menyadari ada formula khusus yang dilakukan oleh para pengelola boarding school Yayasan Al Ma’soem untuk membuat siswa-siswinya cerdas dunia akhirat!

Formula pertama adalah dengan memperbanyak porsi dan fokus pembelajaran pada Mata Pelajaran Agama Islam. Jika pada sekolah lain mata pelajaran ini hanya mendapatkan jatah ‘sisa’ dari berbagai mata pelajaran, berbeda dengan boarding school Yayasan Al Ma’soem. Pada sekolah ini, jam pelajaran Agama Islam memiliki porsi yang lebih besar dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya.

Selain memperbanyak porsi dan fokus pembelajaran pada Mata Pelajaran Agama Islam, boarding school Yayasan Al Ma’soem juga memiliki tes khusus di masa orientasi calon siswa baru. Para calon siswa harus melalui berbagai tes keagamaan, seperti tes mengucapkan kalimat syahadat dan tes-tes lainnya. Tes-tes ini mengartikan bahwa Yayasan Al Ma’soem memang memfokuskan pada bagaimana mencerdaskan hati para siswanya, di samping mencerdaskan akalnya.

Formula kedua adalah dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya pada para siswa untuk melakukan pengembangan soft skills di luar jam pelajaran. Hal ini difasilitasi dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler yang bebas diikuti oleh para siswa.

Selain ekstrakulikuler, pembelajara di luar kelas lainnya pun dilaksanakan melalui Wisata Siswa. Wisata Siswa adalah sebuah kegiatan wisata ke alam bebas yang bisa menyingkronkan apa yang telah dipelajari selama di dalam kelas dengan apa yang sebenarnya ada di alam raya. Wisata Siswa ini tidak disangkutpautkan dengan nilai mata pelajaran apapun sehingga para siswa memiliki kebebasan untuk mengikutinya.

Hal istimewa lainnya dari program Wisata Siswa ini adalah karena program ini bisa diikuti pula oleh anggota keluarga siswa yang lain, tentunya dengan ketentuan berlaku. Dengan adanya hal ini, bukan saja para siswa yang akan belajar dari alam, tapi juga keluarganya.

Terakhir, untuk menyelaraskan antara hati dan akal, boarding school Yayasan Al Ma’soem juga memfasilitasi orang tua dan siswa dengan Klinik Psikologi. Sesuai dengan namanya, klinik ini siap menampung curahan hati para orang tua dan siswa yang tentunya terkait dengan masalah yang dihadapi pada kegiatan belajar dan mengajar.

Dengan adanya klinik yang dilengkapi dengan tenaga psikolog ini, diharapkan agar orang tua pun bisa bersama-sama dengan pihak sekolah dalam mendidik anak-anak mereka. Karena, anak yang saleh akan lahir dari orang tua-orang tua yang saleh pula. Dari filosofi inilah, boarding school Yayasan Al Ma’soem berusaha menumbuhkan semangat kolaborasi antara orang tua dan sekolah untuk menciptakan anak-anak yang cerdas dunia akhirat. Info detail klik di https://www.almasoem.sch.id/ .

(Visited 28 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *