Travelling sambil belajar? Cirebon aja!

wisata ke cirebon

Cirebon adalah kota yang dekat dengan ibu kota dan terkenal sebagai kota penghasil udang terbaik di Indonesia. Namun, dibalik ketenaran tersebut, kota Cirebon juga memiliki banyak keunggulan-keunggulan lain di dalamnya. Mulai dari kekayaan kulinernya yang sedap dan kaya rasa, sampai spot-spot wisatanya yang mengundang.

Tak hanya tempat wisata yang memamerkan kekayaan alam di wilayah setempat, kota Cirebon memiliki lokasi-lokasi wisata yang bersejarah dan kaya akan ilmu pengetahuan. Berikut ini adalah daftar ulasan singkat tentang beberapa lokasi wisata bersejarah yang tersebar di seluruh penjuru kota udang.

1. Makam Sunan Gunung Jati
Siapa yang tak mengenal Wali Songo? 9 tokoh yang dianggap berjasa dan berpengaruh besar dalam penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa ini masih selalu diceritakan dalam pelajaran sejarah siswa siswi sekolah dasar. Salah satu tokohnya adalah Sunan Gunung Jati, yang makamnya berada di Kota Cirebon dan masih rutin dikunjungi oleh para muslim dan muslimah dari seluruh Indonesia untuk diziarahi. Sunan Gunung Jati memiliki nama asli Syarif Hidayatullah dan terlahir dalam keluarga Islam yang didalamnya terkait tokoh-tokoh besar seperti Jamaluddin Akbar al-Huaini. Sunan gunung jati ini berjasa besar dalam menyebarkan Islam dan pengetahuan di Pulau Jawa, tercermin dari penggunaan namanya yang diabadikan sebagai nama universitas-universitas Islam. Saat ini, makam Sunan Gunung Jati berada di Komplek Makam Gunung Sembung, Gunung Jati, Cirebon.

2. Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan adalah bangunan yang memiliki arsitektur berupa akulturasi dari budaya Jawa, Sunda, China, India, Arab dan Erop, sehingga tak heran jika bangunan keraton ini begitu megah dan memukau. Dibangun pada sekitar abad ke-16 oleh cicit Sunan Gunung Jati yaitu Pangeran Mas Mochammad Arifin II, Keraton Kasepuhan ini masih berdiri kokoh sampai saat ini. Di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, terdapat Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang bersebelahan persis dengan alun-alun keraton. Di masjid inilah biasanya Sunan Gunung Jati melakukan diskusi bersama para pemuka agama maupun masyarakat umum. Masjid agung ini memiliki 9 pintu sebagai erlambang dari masing-masing wali. Sampai saat ini, Masjid Agung Cipta Rasa masih digunakan untuk melakukan ibadah oleh umat muslim.

Nah, untuk mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah di Cirebon itu, anda pastinya membutuhkan kendaraan bukan? Tak perlu risau, anda bisa menguhubungi aneka travel yang tersedia di Cirebon. Untuk mendapatkan sewa mobil murah di Cirebon yang sesuai dengan budget anda. Anda juga bisa mengajukan ketentuan-ketentuan tertentu untuk rental mobil di Cirebon yang anda inginkan. Well, happy trip!

 

foto  Correcto dot id

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *