Rupiah melemah? mari kita bela #CintaRupiah

cinta rupiah

Cinta Rupiah – Setiap mendengar berita di televisi mengenai turunnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar, pasti rasanya sangat sedih. Hal itu wajar, karena sebagai bangsa Indonesia, sudah sepatutnya kalau kita memiliki perasaan terikat dengan mata uang kebanggaan kita yaitu rupiah.

Rupiah bukan hanya sebagai alat pembayaran saja, tetapi juga sebagai lambang kedaulatan dan alat pemersatu bangsa. Di dalam rupiah banyak terdapat berbagai kekayaan negara, baik berupa adat istiadat, flora-fauna, para pahlawan dan tokoh-tokoh penting, serta kebudayaan-kebudayaan lain yang sangat beragam. Selain itu, rupiah juga merupakan jati diri bangsa yang harus kita perjuangkan dan kita bela.

Faktor-faktor yang menyebabkan rupiah terus tergerus oleh mata uang dolar di antaranya adalah, berbagai masalah politik dalam negeri, tingginya angka pembelian mata uang dolar oleh masyarakat, naiknya harga minyak dunia, banyaknya eksportir yang menyimpan devisa hasil ekspor ke bank luar negeri, defisit neraca berjalan, dan menguatnya perekonomian negara lain khususnya Amerika.

Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi yang dahsyat pada tahun 1997-1998 sehingga membuat Presiden Soeharto lengser karena tidak mampu menangani krisis ekonomi yang terjadi.

Walau ada beberapa dampak positif bagi sebagian orang atas melemahnya rupiah, tetapi dampak negatifnya lebih banyak dan sangat merugikan, serta bisa mengancam stabilitas negara. Untuk itu harus ada gerakan dan strategi dari Bank Indonesia agar rupiah terus menguat.

Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Bank Indonesia dalam membela rupiah adalah dengan aktif di pasar obligasi dan membeli obligasi pemerintah yang saat ini kebanyakan dipegang oleh investor asing.

Selain itu kampanye gerakan cinta rupiahnya semakin ditingkatkan agar masyarakat semakin paham mengenai pentingnya nilai rupiah yang menguat dalam kancah pertarungan dengan mata uang negara lain.

Beberapa cara membela rupiah, yaitu :

1.Selalu bertransaksi menggunakan rupiah di dalam wilayah Indonesia
2.Membeli produk-produk di dalam negeri
3.Tidak menyimpan mata uang lain khususnya dolar
4.Menabung menggunakan uang rupiah
5.Mengenal dan melestarikan budaya, adat istiadat, flora fauna, serta para pahlawan Indonesia
6.Lebih memilih traveling di dalam negeri daripada di luar negeri

Dengan mencintai rupiah dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, berarti Anda sudah mengangkat nilai uang kita di mata dunia. Apabila rupiah menguat, maka kedaulatan bangsa kita juga akan diakui oleh negara lain. Jadi, ayo cintai rupiah sekarang juga.

 

foto t-nation

(Visited 40 times, 1 visits today)

One Comment on “Rupiah melemah? mari kita bela #CintaRupiah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *