Nasib Rupiah di Perbatasan Indonesia #cintarupiah

perbatasan papua indonesia

Cinta Rupiah – Indonesia merupakan negara yang banyak berbatasan dengan negara lainnya, mempunyai begitu banyak pulau yang mengakibatkan Indonesia menjadi jalur perdangan yang bagus untuk negara lain. Bukan hanya tentang jalur perdagangan , namun juga mengenai mata uang dan alat tukar di perbatasan yang kini banyak mempengaruhi ekonomi negara Indonesia.

Lalu bagaimana nasib rupiah di perbatasan? Apakah penyuplai uang rupiah bisa menyebarkan uang rupiah dengan baik atau malah sebaliknya?

Faktanya sekarang adalah banyak mata uang negara lain yang masih berlaku di wilayah Indonesia perbatasan. Misalnya saja dengan mata uang ringgit Malaysia, Peso Filiphina, Gina Papua Nugini dan Dollar AS dari Timor Leste. Padahal sudah di jelaskan dalam Undang Undang yang membahasa tentang mata uang, bahwa rupiah adalah mata uang resmi yang wajib di gunakan di wilayah perekonomian Indonesia. Apalagi di wilayah perbatasan Indonesia, aktifitas perdagangan sangatlah tinggi, yang menyebabkan arus alat tukar lebih berpengaruh pada perekonomian di Indonesia.

Ini bisa terjadi karena sulitnya penyuplaian rupiah ke daerah-daerah pelosok dan perbatasan. Namun pemerintah tidak tinggal diam dalam hal ini, Bank Indonesia melakukan satu langkah untuk membuat rupiah tetap beredar di daerah perbatasan yaitu dengan membuat kas-kas di banyak bank umum. Lalu kas-kas ini bisa menjadi tempat penukaran rupiah sehingga wilayah yang menjadi tempat atau jalur perdagangan di perbatasan masih bisa menggunakan mata uang rupiah.

Hal lain yang bisa di lakukan pemerintah yaitu dengan lebih mensosialisasikan mengenai hukuman yang akan di dapatkan apabila tidak menggunakan rupiah sebagai alat tukar di wilayah Indonesia. Karena pada kenyataannya pernah terungkap bahwa para pedagang dari Timor Leste yang menggunakan dollas USA tidak mengetahui tentang hukum penggunaan mata uang rupiah di Indonesia, ini lah yang menjadi salah satu sebab mengapa masih ada saja pedagang yang menggunakan mata uang lain saat bertransaksi di perbatasan Indonesia.

Semoga upaya pemerintah utnuk terus meningkatkan rupiah di perbatasan bisa berjalan dengan baik, dan rupiah pun dapat tersebar dengan baik di wilayah perbatasan.

 

foto factanews

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *