Membersihkan Rupiah dengan Sedekah #Cintarupiah

sedekah rupiah

Cinta rupiah –  Memiliki pendapatan, baik itu berupa uang saku maupun hasil kerja adalah sebuah tanggung jawab bagi para pemiliknya. Terlebih jika uang tersebut didapatkan dari hasil kerja keras diri sendiri. biasanya sang pemilik akan sangat berhati-hati dalam membelanjakannya.

Meski demikian, ingatlah bahwa ada sebuah kewajiban yang melekat pada diri semua warga negara Indonesia, yaitu mencintai rupiah. Tindak nyata dalam cinta rupiah dapat ditunjukkan dengan cara menghargai uang dengan tidak mencorat-coretnya, tidak menghambur-hamburkannya untuk hal-hal yang tidak perlu, tidak merobek maupum merusak uang, dan menyedekahkannya untuk orang-orang yang membutuhkan.

Mungkin memang terdengar aneh. Bagaimana bisa bersedekah menjadi bukti dari tindakan cinta rupiah? Tentu bisa!

Dengan bersedekah, berarti anda menyisihkan sebagian uang anda untuk diberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Padahal, uang yang anda sisihkan tersebut sebenarnya masih dapat anda gunakan untuk membeli hal-hal yang anda inginkan walaupun mungkin tidak anda butuhkan. Dengan menahan keinginan anda demi berbagi kepada orang lain, anda berarti sudah memiliki rasa tanggung jawab dan menghargai apa yang anda miliki. Sikap itulah yang akan mendorong anda untuk berhati-hati dalam memilah-milah antara kebutuhan dan keinginana anda. Dengan begitu, anda dapat lebih cermat dalam memperhitungkan pengeluaran anda setiap bulannya.

Selain itu, dengan bersedekah, anda sudah turut membangun tali pesaudaraan dan rasa saling memiliki antar sesama warga Indonesia. Anda sudah mempersempit jurang kesenjangan antara Si Kaya dan Si Miskin, sehingga setiap orang dari masing-masing golongan dapat menghargai satu sama lain.

Meski demikian, anda tetap harus memperhatikan kepada siapa anda bersedekah. Ada baiknya jika anda menyisihkan sebagian uang anda untuk diberikan kepada orang yang memang anda ketahui asal usulnya dengan baik, dan anda yakini bahwa orang tersebut benar-benar membutuhkan. Memberikan uang ke sembarang pengemis maupun peminta-minta dijalanan justru dapat memicu keterpurukan mental anak bangsa yang anak menuntun mereka kepada jurang kehancuran. Anda juga dapat menyalurkan sedikit rupiah anda melalui badan amal terpercaya, maupun panti asuhan dan tempat-tempat keagmaan yang kiranya membutuhkan pembangunan.

Dengan bersedekah, anda sudah membangun kesadaran kepada diri anda sendiri dan kepada orang lain bahwa setiap keping rupiah itu memiliki arti yang tidak remeh.

 

foto yusufmansur dot com

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *