Kebiasaan Baik dalam Mengatur Keuangan #CintaRupiah

tips keuangan

Cinta rupiah –  Mungkin kamu pernah mendengar wejangan yang menyebutkan, kebiasaanmu akan menentukan masa depanmu. Terdengar simpel, namun kenyataannya itu sangat benar. Begitu juga dalam hal mengatur keuangan. Hal itu pada akhirnya akan menentukan seperti apa kondisi finansial kamu di masa depan nanti. Apakah akan kaya? Atau malah miskin. Kalau tidak mau mengalami situasi yang terakhir, yuk mulai menjalani kebiasaan baik dalam mengatur keuangan.

Bayangkan kalau pada saat ini kondisi keuangan pribadi masih carut marut akibat terlalu boros. Padahal sudah punya penghasilan rutin bulanan namun tak dapat dinikmati karena selalu kurang setiap akhir bulan. Kalau sudah begitu, apa terus mau bertahan dengan kondisi tersebut? Jangan! Saatnya instrospeksi diri, cari tahu penyebab kenapa kondisi keuangan kamu masih berantakan begini. Perhatikan lagi, mungkin saja kita tidak menjalankan kebiasaan keuangan yang baik. Apa saja kebiasaan-kebiasaan itu? Yuk Simak

1. Mencatat pengeluaran dan pemasukan secara tertib
Hal ini sangat mudah dilakukan. Karena metodenya relatif sederhana dan bisa diterapkan siapa saja. Tujuannya jelas, agar kamu lebih mudah mengendalikan pengeluaran. Dengan melakukan pencatatan, kita bisa melihat lebih detail setiap perputaran uang dalam jangka waktu tertentu. Namun jangan sekadar mencatat saja, jadikan juga catatan ini sebagai acuan untuk melakukan perubahan dan memperbaiki kebiasaan keuangan yang kurang baik. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

2. Sering menabung tiap bulan
Bang bing bung, yuk, kita nabung. Ajakan itu sudah sering kita dengarkan. Menabung adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan kita, tidak hanya sekarang, tapi juga di masa depan. Hanya dengan menabung, kehidupan kita dapat lebih tenteram dan akan merasa nyaman karena pengeluaran ke depan sudah ada disiapkan.
Berapapun penghasilan bulanan kamu, usahakan untuk menyisihkan minimal 10% dari total uang yang didapat setiap bulan. Kalau mendapat gaji yang cukup besar, usahakan persentasenya lebih besar lagi. Karena, semakin besar uang yang ditabung, tentu semakin banyak uang yang bisa disimpan untuk menjamin masa depan.

3. Berhemat secara kreatif
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk berhemat. Orang yang memiliki kebiasaan ini biasanya selalu memiliki cara yang berbeda kalau ingin menyimpan uang setiap bulan. Sebagai contoh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan sistem amplop. Nantinya dia bisa membantu kamu membatasi pengeluaran dan lebih disiplin memakai dana di mesin ATM.

Untuk menjalankannya, kamu hanya melakukan sekali penarikan dana di ATM dengan jumlah yang cukup besar. Nantinya, dana yang diambil itu akan ditaruh dalam amplop sebagai anggaran pengeluaran selama sebulan. Sementara uang yang masih ada di ATM adalah tabungan yang tidak bisa disetuh-sentuh, kecuali di kondisi yang sangat terpaksa. Dengan sistem ini, kita akan dipaksa untuk bertahan dengan dana yang ada di amplop hingga tanggal gajian. Mau mencobanya?

(Visited 27 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *