7 Wisata Kuliner paling Hits di Kota Cirebon

empal gentong cirebon

7 Wisata Kuliner Paling Hits di Kota Cirebon – Travelling atau Berlibur ke suatu daerah tidak lengkap kalau kita tidak mencicipi Kuliner yang Hits di daerahnya. Di artikel yang lain saya sudah merangkum tentang tempat wisata yang ada di Cirebon, dan kali ini saya akan merangkum tentang 7 Wisata Kuliner paling Hits atau Paling populer di Kota Cirebon.

1. Tahu Gejrot

Mungkin jika anda di daerah Jabodetabek, sudah sering melihat tukang tahu gejrot dan bahkan sudah merasakan enaknya Tahu Gejrot. Namun alangkah enaknya jika anda langsung Mencobanya di Daerah makanan ini Berasal.

Tahu Gejrot ini merupakan Cemilan Khas dari daerah Cirebon. Pembuatannya pun lumayan mudah, hanya Tahu yang di potong-potong lalu di beri bumbu khas tahu gejrot yang berbahan dasar cabai, bawang merah, bawang putih, Gula Merah, dan kemudian di ulek atau di haluskan hingga tercampur rata dengan disiram kuah sehingga rasanya menjadi Manis, asam, asin, Pedas (Nano nano).

2. Empal Gentong

Tadi cemilan, kali ini makanan yang berat yang bernama Empal Gentong. Mungkin ketika anda kondangan sering mencoba empal Gentong, namun tidak afdol kalau kita tidak mencicipi di daerah Empal gentong berasal. Empal Gentong adalah makanan gulai daging sapi dan proses pemasakannya dengan cara di masukkan ke dalam gentong.

Dengan kelegitan dan memberikan nikmatnya daging yang empuk di tambah kuah yang mirip dengan soto, akan memberikan rasa yang akan membuat anda merasa terkenang-kenang dengan kelezatannya. Biasanya masyarakat memakan Empal gentong dengan topping Kerupuk, sambal kering atau Kucai.

nasi jamblang cirebon
nasi jamblang (foto pintu wisata)

3. Nasi Jamblang

Tak lengkap rasanya kalau ke Cirebon tidak mencicipi Kuliner yang satu ini. Mungkin sebagian pembaca disini sudah mengetahui tentang nasi Jamblang, namun Rasanya yang Khas hanya ada di Cirebon. Nasi Jamblang ini adalah Nasi putih yang dicampur dengan berbagai macam lauk pilihan yang tersedia. Yang membuat terlihat berbeda adalah Nasinya yang dibungkus dengan porsi kecil-kecil menggunakan daun jati.

4. Nasi Lengko

Selain Nasi Jamblang, anda perlu mencoba Kuliner khas Cirebon yang satu ini. Nasi Lengko ini hampir sama dengan Nasi Jamblang, namun yang membedakan adalah lauk dari Nasi lengko ini. Nasi Lengko adalah Nasi Putih yang di dalamnya terdapat taoge, tempe, tahu, mentimun, dan Seledri. Di tambah dengan topping bumbu kacang plus bawang goreng yang Khas.

5. Docang

Wisata Kuliner yang selanjutnya adalah Docang. Mungkin anda jarang mendengar nama kuliner yang satu ini, namun anda patut untuk merasakan Kelezatan Kuliner satu ini. Makanan ini terdiri dari Lontong dengan dicampur Taoge, daun singkong, Kerupuk dan Tempe Gembos. Biasanya Kuliner asal Cirebon ini disajikan di pagi hari atau untuk sarapan.

6. Empal Asem

Sekilas memang mirip dengan Empal Gentong, sama-sama berbahan dasar daging sapi. Namun kalau anda perhatikan lagi, kuah Empal asem ini terlihat Bening dan terdapat rasa asam yang segar dari Kuahnya. Perlu anda ketahui, Rasa asam ini berasal dari asam jawa dengan di campur dengan Belimbing wuluh. Bumbu lainnya yang dipakai pada Empal asem adalah Bawang putih, bawang merah, merica, daun bawang dan lainnya. Rasanya yang segar bikin anda ga mau Pulang dari Cirebon lho..

7. Mie Koclok

Wisata Kuliner yang terakhir adalah Mie Koclok. Dari namanya sudah tahu bukan kuliner yang satu ini berbahan dasar apa, Yups… dari Mie kuling yang di sajikan bersama dengan kol, daging ayam, taoge dan Telur. Mie Koclok ini di sajikan dengan kuah santan khas Cirebon. Dingin-dingin makan Mie Koclok yang hangat, mmm.. Nikmat bukan.

Oke.. Itu saja 7 Kuliner Khas Cirebon yang bisa menjadi Referensi anda ketika berada di Cirebon ini. Semoga bermanfaat ya.

foto selerasa

(Visited 101 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *