5 Bahan alami yang bisa menghilangkan jamur di kaca mobil

mengatasi jamur pada mobil

Artikel Otomotif –  Memiliki mobil menjadi idaman hampir semua orang, tapi dari sekian banyak orang itu terkadang kurang paham bagaimana merawat mobilkesayangan , khususnya kaca. Kaca mobil ini menjadi salah satu hal yang terkadang luput dari perhatian. Dan yang pasti kebersihan kaca akan memberikan dampak yang lumayan yaitu pada jarak pandang dan jadi tidak terlihat menarik mobil kita kalau ditemukan jamur dikaca mobil. Lalu, kira-kira apa yang akan Anda lakukan jika mobil kesayangan ternyata ditinggali juga oleh jamur yang membandel ? 

tips mobil
tips otomotif

Ketika pilihannya adalah pergi ke salon mobil maka faktor biaya harus diperhitungkan, tidak banyak sih tapi kan lumayan bisa buat jajan beli pulsa. Dan diartikel ini kami akan membagikan tips dan artikel otomotif yang dapat langsung dieksekusi dan tentunya hemat biaya. Berikut 5 tips menghilangkan jamur pada kaca mobil menggunakan bahan alami:

1. Menggunakan pemutih pakaian
Pasti kaget ketika pemutih pakaian dapat digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada kaca mobil. Langkah pertama adalah anda hanya perlu mencelupkan kain yang memiliki tekstur lembut ke dalam pemutih pakaian, lalu gosokkan pelan-pelan ke bagian kaca mobil yang berjamur, gosok hingga jamur pelan-pelan menghilang.

Setelah digosok perlahan dan dipastikan jamur terangkat, selanjutnya, Anda cukup membersihkan kaca mobil dengan air bersih hingga tuntas. Perhatikan, kini kaca mobil kamu kembali kinclong dan terbebas dari jamur membandel. Cukup mudah juga bukan?

2. Dengan Cuka Apel
Trik lain untuk menghilangkan jamur di kaca mobil ialah dengan menggunakan cuka apel. Caranya, campurkan dahulu cuka apel dengan air. Untuk takarannya, 3 sendok makan cuka apel untuk 1 liter air.

Kemudian celupkan kain lembut ke dalam campuran tersebut. Gosok perlahan dengan gerakan memutar dan pastikan sebelum anda melakukan tahapan ini, kaca mobil sdh dibersihkan dari debu atau pasir yang menempel. Tujuannya agar debu atau pasir tidak membuat baret kaca mobil anda. Setelah menggosokkan perlahan sampai jamurnya hilang, maka selanjutnya tinggal tahapan mengeringkan kaca mobil, kita dapat menggunakan kertas koran bekas yang bersih.

3.Menggunakan air tembakau
Air tembakau dapat digunakan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Caranya adalah, ambil tembakau yang kering ditambahi air sedikit dan diamkan air tembakau tersebut selama kurang lebih 15 menit. Gunakan air bersih dan satu genggam tembakau.

Sambil menunggu rendaman tembakau tersebut, anda dapat membersihkan kaca mobil kamu terlebih dahulu dengan menggunakan air dingin yang bersih. Setelah bersih dan kering, kamu dapat menyiram kaca mobil yang bermasalah dengan air rendama tembakau. Kemudian gosok kaca hingga bersih dengan menggunakan busa. Lakukan cara tersebut hingga beberapa kali sampai jamur pada kaca mobil benar-benar hilang. Lalu bilas dan keringkan dengan kain halus.

4. Menggunakan Alkohol
Menghilangkan jamur dengan Alkohol menjadi cara pertama yang bisa anda terapkan. Jika pada umumnya alkohol diperuntukkan membersihkan luka di kulit, namun ternyata bahan kimia ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang jamur di kaca mobil. Cara penggunaannya pun cukup mudah, pertama, kamu perlu menyiapkan alkohol 50-90 persen.

Selanjutnya, kocok alkohol dan celupkan kain lembut atau kapas ke dalamnya. Kain atau kapas yang basah dengan cairan alkohol ini digosokkan ke bagian kaca yang terdapat jamur. Gosok secara perlahan hingga bagian jamur menghilang. Meski terbilang kuno, namun cara satu ini terbilang ampuh. Tentunya, juga dengan biaya yang relatif murah, belum lama alat dan bahan yang dibutuhkan terbilang mudah untuk didapat.

5. Menggunakan minuman Soda
Ada manfaat lain dari minuman soda, yaitu dapat digunakan untuk menghilangkan jamur dengan cara super sederhana. Tapi sebelumnya kaca mobil kita harus dibersihkan terlebih dahulu. Gunakan lap kering yang lembut dan jangan gunakan air. Jika ada air yang menempel maka nanti akan bereaksi dengan air soda.

Selanjutnya adalah ambil kain lap bersih dan basahi dengan soda dan gosok secara perlahan dikaca mobil yang berjamur, gunakan gerakan memutar dan perlahan. Terus ulangi hingga jamur dikaca mobil kita kabur dan bersih.

Demikian tips bagaimana kita menghilangkan jamur di kaca mobil menggunakan bahan alami tapi super bermanfaat. Mobil cling, bersih dari jamur dan kantong tetap aman.

foto : pexels

(Visited 39 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *